Selasa, 28 Oktober 2014

Pembelajaran Dongeng Bahasa Jawa

BAB I
PENDAHULUAN
                  
1.1           Latar Belakang Masalah
Di tingkat Sekolah Dasar, pembelajaran bahasa jawa menjadi salah satu kegiatan Pembelajaran yang di adakan di SD. Adapun Pembelajaran Bahasa Jawa di dalamnya terdapat sebuah pembahasan yang membahas mengenai Dongeng. Dongeng ialah sebuah cerita fiksi atau cerita yang tidak nyata yang menghibur dan memunculkan nilai-nilai pendidikan. Dalam pembahasan dongeng pada pembelajaran bahasa jawa tentunya diharapkan siswa/siswi dapat mengerti apa itu dongeng, jenis-jenis dongeng, dan mengerti contoh-contoh dongeng yang ada, sehingga dari pembahasan mengenai dongeng tersebut maka siswa/siswi dapat mengambil nilai-nilai pendidikan yang terkandung dari sebuah dongeng. Hal ini pula yang menjadikan kelompok kami menyusun makalah ini dengan bertemakan Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa.
1.2          Rumusan Masalah
1.      Apakah pembelajaran dongeng itu ?
2.      Bagaimana implikasi dongeng dalam pembelajaran bahasa jawa di SD ?

1.3           Tujuan Masalah
1.      Menjelaskan mengenai pembelajaran dongeng.
2.      Menjelaskan mengenai implikasi dongeng dalam pembelajaran bahasa jawa di SD.








BAB II
PEMBAHASAN

2.1          Pembelajaran Dongeng
Di sekolah dasar mata pelajaran bahasa jawa bukan hanya meliputi aksara jawa, tembang-tembang melainkan pada bahasa jawa juga terdapat materi mengenai dongeng seperti yang kelompok kami akan bahas. Didalam dongeng sendiri terdapat pengertian, jenis, dan contoh.

2.1.1    Pengertian Dongeng
Cerita adalah  rangkaian  peristiwa yang disampaikan kepada orang lain, baik berasal dari kejadian nyata (non fiksi) ataupun tidak nyata (fiksi). Kata cerita satu makna dengan kata kisah, babad, stori, riwayat, berita, atau kabar.
Kata dongeng berarti cerita rekaan / tidak nyata / fiksi, seperti : fabel (binatang dan benda mati), sage (cerita petualangan), hikayat certa rakyat), legenda (asal-usul), mite (makhluk halus), epos (cerita besar ; Mahabharata, Ramayana, Saur Sepuh, Tutur Tinular). Jadi dongeng adalah cerita, namun cerita belum tentu dongeng. Adapun menurut KBBI dongeng ialah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng adalah cerita yang dikarang dan diceritakan kembali secara berulang-ulang oleh orang-orang. Cerita itu bisa dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa. Sedangkan pengertian dongeng menurut James Danandjaja, dongeng adalah termasuk cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh tempat maupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur. Meskipun demikian, banyak pula dongeng yang berisi ajaran moral, melukiskan kebenaran, bahkan ada pula jenis dongeng yang mengandung sindiran.

2.1.2    Jenis-jenis dongeng
Dongeng adalah suatu cerita yang bersifat. Dongeng banyak ragamnya, yaitu :
a.       Fabel, adalah cerita lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral (biasa pula disebut sebagai cerita binatang).
Contoh : kancil dengan buaya, kancil dengan harimau.
b.      Mite / mitos, adalah cerita-cerita yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercayai mempunyai kekuatan ghaib.
Contoh : Nyai Roro Kidul, Ki Ageng Selo, dll.
c.       Legenda, adalah cerita lama yang mengisahkan tentang riwayat, terjadinya suatu tempat atau wilayah.
Contoh : legenda Banyu Wangi, Tangkuban Perahu, dll.
d.      Sage, adalah cerita lama yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan kedzaliman, kepahlawanan, kesaktian dan keajaiban seseorang.
Contoh : calon arang, ciung wanara, dll.
e.       Parabel, adalah cerita rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat atau perbandingan.
Contoh : kisah para Nabi, Hikayat Bayan Budiman, dll.
f.       Dongeng jenaka, adalah cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas, cerdik dan masing-masing dilukiskan secara humor.
Contoh : Pak Pandir, Abu Nawas, dll.


2.1.3    Dongeng Pembelajaran Bahasa Jawa di kelas 2 SD
1.     Contoh :
TIMUN MAS
Dek jaman biyen ing salah sawijining desa, ana mbok randa sing urip dewe ora ana anak utawa sedululur. Amarga urip dewe mbok randa mau kepengin duwe anak. Saben dina mbok randa ndonga awan bengi ing ngarsane Gusti Allah supaya diwenehi anak. Deweke yakin menawa penjaluke bakal di kabulake dening Gusti Allah. Tanpa sangertine mbok randa, anggone donga awan bengi ing omahe kuwi mau keprungu Buto ijo sing kebeneran liwat sacedhake kono. Buto ijo banjur nyeluk mbok randa supaya metu saka omahe. mbok randa kaget ngerteni ana Buto ijoing ngarep omahe. Sawise ora miris maneh ngerteni Buto ijo sing gedhe tur medeni kuwi, si Buto ijongomong menawa bisa nulungi menehi anak. Mbok randa bungah atine krungu kandane Buto ijo kuwi mau lan nyaguhi kabeh penjaluke Buto ijomenawa diwenehi anak tenan.
Penjaluke Buto ijo yaiku menawa anake mbok randa wis gedhe dijaluk arep dipangan. Sabanjure Buto ijo iku menehi wii timun sing kudu di tandur mbok randa. Sawise Buto ijo kuwi mau lunga, mbok Randa nandur wiji timun iku ana kebone. Wiji kuwi dirumat lan diopeni kanthi gemathi, disiram, diresiki sukete lan dirabuk supaya cepet tukul. Sawise tukul lan dadi wit timun kang subur, wit timun iku mau wis pada uwoh. Ing antarane akehe woh timun, ana salah sijine timun kang nganeh-anehi. Rupane kuning emas lan gedhene sak guling. Timun iku banjur pecah lan ing njero timun mau ana bayi manungsane.
Mbok randa bungah atine amarga penjaluke kepengin duwe anak wis kaleksanan. Mbok randa ngucapake syukur marang Gusti Allah amarga dongane wis diijabah. Bayi iku mau wadon, pakulitane resik alus kaya kulit timun amarga laer saka timun sing kuning kaya emas, bayi wadon kuwi mau dijenengake Timun mas. Sawise Timun mas ngancik dewasa, mbok randa kelingan janjine karo Buta menawa arep menehake Timun mas. Mbok randa dadi susah atine, rina wengi mbok randa donga supaya entuk pitulungan saka Gusti Allah. Salah sawijining wengi, mbok randa ngimpi ketemu pertapa ing gunung gandul. Pertapa kuwi mau sing bisa nulungi supaya Timun mas ora dijupuk sang Buto.Esuke mbok randa lungo menyang gunung gandul kaya impene. Sawise ketemu karo pertapa kaya ing impene, mbok randa disangoni buntelan kanggo Timun mas. Pertapa kuwi mau menehi pitutur piye carane supaya Timun mas bisa oncat saka bebaya ngadepi sang Buto. Sawise ngucapake maturnuwun mbok randa pamitan mulih.

Tekan omah mbok randa menehi buntelan kang cacahe papat, lan dituturi piye carane nggunake. Mbok randa ngonggkon Timun mas lungo saka omah lan mlayu sak cepet-cepete. Sawise iku Buto ijo kang arep jupuk Timun mas teka ing omahe mbok randa banjur nesu ngerteni Timun mas wis ora ana. Buto ijo nesu lan ngamuk, kebonne mbok randa dirusak banjur bengok-bengok ngoyak Timun mas. Amarga Buto ijo jangkahe amba sedela wae Timun mas wis meh kasil koyak. Timun mas bajur nguncalake buntelan sing isine wiji timun. Dumadakan dadi kebon timun kang akeh woh timune, Buto ijo mandeg lan mangan timun sing katon seger-seger kuwi mau. Sawise timune entek sang Buto ijo kelingan menawa ngoyak Timun mas. Buto ijo banjur ngoyak Timun mas maneh sing wis mlayu tekan adoh.
Lagi sedela wae sang Buto ijo wis meh kasil ngoyak Timun mas. Buntelan sing isi dom terus diuncalake Timun mas. Dumadakan dadi alas pring sing ngalangi playune Buto. Tapi sedela wae Buto ijo kasil bisa metu saka alas pring kuwi mau. Timun mas banjur nguncalke buntelan kang isine uyah, lan malih dadi segara kang amba lan jero. Buto ijo nglangi ing segara kuwi mau tetep ngoyak Timun mas lan kasil mentas saka segara. Timun mas arep kasil koyak meneh, banjur nguncalake buntelan  kang pungkasan. Buntelan kang isine trasi malih dadi segara lendhut kang jero. Buto ijokecemplung lan kangelan mentas saka lendhut kuwi mau. Pungkasane Buto ijo kang ngoyak Timun mas iku mati kleleb ing njero segara lendhut. Timun mas akhire selamet lan urip tentrem karo mbok randa.
2.      Amanat
Amanat yang terkandung dalam dongeng tersebut diantaranya :
a.       Jika menolong orang hendaknya jangan pamrih / mengharapkan balasan.
b.      Menjadi orang jangan serakah dan hendaknya selalu bersyukur terhadap pemberian dari Allah Subhanahu Wata’ala.
c.       Dalam melakukan sesuatu hendaknya jangan mudah putus asa.
d.      Sebagai anakn hendaknya patuh terhadap orang tua.

2.2  Implikasi Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Di SD Kelas 2
Dongeng memberikan beberapa implikasi/manfaat bagi siswa SD kelas 2 antar lain untuk mengembangkan daya imajinasi, meningkatkan keterampilan berbahasa, membangkitkan minat baca anak, membangun kecerdasan emosional anak, dan membentuk rasa empati. Dengan demikian, diharapkan anak dapat menerapkan apa yang sudah mereka dengarkan dalam kehidupan sehari-hari.
1.    Mengembangkan Daya Imajinasi Anak
Perlu kita ketahui bahwa dunia anak terutama kelas 2 SD adalah dunia imajinasi. Jadi anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga teman khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, maka kita sebagai seorang guru harus bisa mengarahkannya kearah yang positif dan tetap terkontrol. Dengan dongeng anak-anak maka inilah cara terbaik untuk mengarahkan mereka kearah yang baik.
2.    Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa
Dongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada siswa. Perlu kita ketahui bahwa cerita dongeng anak-anak mampu merangsang siswa terutama siswa perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Hal ini dikarenakan siswa perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada siswa laki-laki. Kemampuan verbal adalah kemampuan awal yang dimiliki anak-anak dan inilah mengapa otak kanan mereka lebih berkembang dan ini juga yang menyebabkan mereka lebih terlatih dalam berbahasa. Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dan sebagainya membuat siswa menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.
3.    Membangkitkan Minat Baca Anak
Jika ingin memiliki siswa yang mempunyai minat baca yang baik, maka mendongeng adalah jalan menuju hasil tersebut.
Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka siswa akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu. Inilah dimana keinginan untuk membaca menjadi semakin meningkat. Dengan membacakan buku cerita yang menarik kepada siswa adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan.
4.    Membangun Kecerdasan Emosional Anak
Mendongeng kepada siswa bisa membangkitkan kecerdasan emosional mereka dan ini juga sarana hebat yang mampu merekatkan hubungan gruru dengan siswanya. Seperti yang kita tahu bahwa anak-anak mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng anak-anak maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Dongeng anak-anak akan membangtu anak dalam menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan emosional juga penting disamping kecerdasan kognitif. Kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial mereka kelak.
5.    Membentuk Rasa Empati Anak
Melalui stimulasi cerita dongeng anak, kepekaan anak pada usia 3-7 tahun akan dirangsang mengenai situasai sosial disekitar mereka. Dengan metode dongeng untuk siswa ini maka mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar. Stimulasi yang akan lebih berhasil adalah dengan merangsang indera pendengarannya. Penting bagi kita memberikan stimulasi ini untuk memberikan mereka bekal yang baik untuk masa depannya. Dengan cerita-cerita dongeng yang mendidik, maka siswa akan dengan mudah menyerap nilai positif yang akan menjadikan mereka anak yang berempati dengan orang lain.





BAB III
PENUTUP

3.1  Simpulan
KBBI dongeng ialah cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dalam dongeng itu banyak jenisnya yakni Fabel, Mite / mitos, Legenda, Sage, Parabel, dan Dongeng Jenaka. Implikasi dongeng terhadap kelas 2 SD adalah  mengembangkan daya imajinasi anak, meningkatkan keterampilan dalam berbahasa, membangkitkan minat baca anak, dan lain-lain.
 3.2 Saran
Menurut kelompok kami dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa mengenai dongeng di SD  sebaiknya  Guru menggunakan media-media menyimak dongeng dalam pembelajaran keterampilan menyimak dongeng karena media ini mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan juga guru dalam memberikan contoh dongeng itu harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa SD.






DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan Nasional.(2002).Kamus Besar Bahasa  Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka

Bimo.(2011).Mahir Mendongeng.Yogyakarta:Pro-U Media

Retno Purwandari, Qori’ah.(2012).Buku Pintar Bahasa Indonesia.Yogyakarta:Familia

Timun Mas dalam Bahasa Jawa. 2010.
http://tunjungbudiwati.wordpress.com/2010/04/05/timun-mas-dalam-bahasa-jawa/  Di Unduh pada tanggal 29 September 2014, pukul 14:55

Cerita Rakyat Timun Mas 2013.
Di Unduh pada tanggal 01 Oktober 2014, pukul 12:30 WIB







Tidak ada komentar:

Posting Komentar