BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Di tingkat Sekolah Dasar,
pembelajaran bahasa jawa menjadi salah satu kegiatan Pembelajaran yang di
adakan di SD. Adapun Pembelajaran Bahasa Jawa di dalamnya terdapat sebuah
pembahasan yang membahas mengenai Dongeng. Dongeng ialah sebuah cerita fiksi
atau cerita yang tidak nyata yang menghibur dan memunculkan nilai-nilai
pendidikan. Dalam pembahasan dongeng pada pembelajaran bahasa jawa tentunya
diharapkan siswa/siswi dapat mengerti apa itu dongeng, jenis-jenis dongeng, dan
mengerti contoh-contoh dongeng yang ada, sehingga dari pembahasan mengenai
dongeng tersebut maka siswa/siswi dapat mengambil nilai-nilai pendidikan yang
terkandung dari sebuah dongeng. Hal ini pula yang menjadikan kelompok kami
menyusun makalah ini dengan bertemakan Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apakah pembelajaran dongeng itu ?
2.
Bagaimana implikasi dongeng dalam pembelajaran
bahasa jawa di SD ?
1.3
Tujuan Masalah
1.
Menjelaskan mengenai pembelajaran dongeng.
2.
Menjelaskan mengenai implikasi dongeng dalam
pembelajaran bahasa jawa di SD.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pembelajaran Dongeng
Di sekolah dasar mata pelajaran bahasa jawa bukan
hanya meliputi aksara jawa, tembang-tembang melainkan pada bahasa jawa juga
terdapat materi mengenai dongeng seperti yang kelompok kami akan bahas. Didalam
dongeng sendiri terdapat pengertian, jenis, dan contoh.
2.1.1
Pengertian Dongeng
Cerita
adalah rangkaian peristiwa yang disampaikan kepada orang lain,
baik berasal dari kejadian nyata (non fiksi) ataupun tidak nyata (fiksi). Kata
cerita satu makna dengan kata kisah, babad, stori, riwayat, berita, atau kabar.
Kata
dongeng berarti cerita rekaan / tidak nyata / fiksi, seperti : fabel (binatang
dan benda mati), sage (cerita petualangan), hikayat certa rakyat), legenda
(asal-usul), mite (makhluk halus), epos (cerita besar ; Mahabharata, Ramayana,
Saur Sepuh, Tutur Tinular). Jadi dongeng adalah cerita, namun cerita belum
tentu dongeng. Adapun menurut KBBI dongeng ialah cerita yang tidak benar-benar
terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh). Dongeng biasanya
bersifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng adalah cerita yang
dikarang dan diceritakan kembali secara berulang-ulang oleh orang-orang. Cerita
itu bisa dibuat karena terinspirasi dari suatu peristiwa. Sedangkan pengertian dongeng menurut James
Danandjaja, dongeng adalah termasuk cerita rakyat lisan yang tidak dianggap
benar-benar terjadi oleh empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh tempat
maupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur. Meskipun
demikian, banyak pula dongeng yang berisi ajaran moral, melukiskan kebenaran,
bahkan ada pula jenis dongeng yang
mengandung sindiran.
2.1.2
Jenis-jenis dongeng
Dongeng adalah suatu cerita yang
bersifat. Dongeng banyak ragamnya, yaitu :
a.
Fabel, adalah cerita
lama yang menokohkan binatang sebagai lambang pengajaran moral (biasa pula
disebut sebagai cerita binatang).
Contoh : kancil dengan buaya, kancil
dengan harimau.
b.
Mite / mitos, adalah
cerita-cerita yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau
hal yang dipercayai mempunyai kekuatan ghaib.
Contoh : Nyai Roro Kidul, Ki Ageng
Selo, dll.
c.
Legenda, adalah cerita
lama yang mengisahkan tentang riwayat, terjadinya suatu tempat atau wilayah.
Contoh : legenda Banyu Wangi, Tangkuban
Perahu, dll.
d.
Sage, adalah cerita lama
yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan kedzaliman, kepahlawanan,
kesaktian dan keajaiban seseorang.
Contoh : calon arang, ciung wanara,
dll.
e.
Parabel, adalah cerita
rekaan yang menggambarkan sikap moral atau keagamaan dengan menggunakan ibarat
atau perbandingan.
Contoh : kisah para Nabi, Hikayat
Bayan Budiman, dll.
f.
Dongeng jenaka, adalah
cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas, cerdik dan masing-masing
dilukiskan secara humor.
Contoh : Pak Pandir, Abu Nawas, dll.
2.1.3
Dongeng Pembelajaran
Bahasa Jawa di kelas 2 SD
1.
Contoh :
TIMUN MAS
Dek jaman biyen ing salah sawijining
desa, ana mbok randa sing urip dewe ora ana anak utawa sedululur. Amarga urip
dewe mbok randa mau kepengin duwe anak. Saben dina mbok randa ndonga awan bengi
ing ngarsane Gusti Allah supaya diwenehi anak. Deweke yakin menawa penjaluke
bakal di kabulake dening Gusti Allah. Tanpa sangertine mbok randa, anggone
donga awan bengi ing omahe kuwi mau keprungu Buto ijo sing kebeneran liwat
sacedhake kono. Buto ijo banjur nyeluk mbok randa supaya metu saka omahe. mbok
randa kaget ngerteni ana Buto ijoing ngarep omahe. Sawise ora miris maneh
ngerteni Buto ijo sing gedhe tur medeni kuwi, si Buto ijongomong menawa bisa
nulungi menehi anak. Mbok randa bungah atine krungu kandane Buto ijo kuwi mau
lan nyaguhi kabeh penjaluke Buto ijomenawa diwenehi anak tenan.
Penjaluke Buto ijo yaiku menawa anake
mbok randa wis gedhe dijaluk arep dipangan. Sabanjure Buto ijo iku menehi wii
timun sing kudu di tandur mbok randa. Sawise Buto ijo kuwi mau lunga, mbok
Randa nandur wiji timun iku ana kebone. Wiji kuwi dirumat lan diopeni kanthi
gemathi, disiram, diresiki sukete lan dirabuk supaya cepet tukul. Sawise tukul
lan dadi wit timun kang subur, wit timun iku mau wis pada uwoh. Ing antarane
akehe woh timun, ana salah sijine timun kang nganeh-anehi. Rupane kuning emas
lan gedhene sak guling. Timun iku banjur pecah lan ing njero timun mau ana bayi
manungsane.
Mbok randa bungah atine amarga
penjaluke kepengin duwe anak wis kaleksanan. Mbok randa ngucapake syukur marang
Gusti Allah amarga dongane wis diijabah. Bayi iku mau wadon, pakulitane resik
alus kaya kulit timun amarga laer saka timun sing kuning kaya emas, bayi wadon
kuwi mau dijenengake Timun mas. Sawise Timun mas ngancik dewasa, mbok randa
kelingan janjine karo Buta menawa arep menehake Timun mas. Mbok randa dadi
susah atine, rina wengi mbok randa donga supaya entuk pitulungan saka Gusti
Allah. Salah sawijining wengi, mbok randa ngimpi ketemu pertapa ing gunung
gandul. Pertapa kuwi mau sing bisa nulungi supaya Timun mas ora dijupuk sang
Buto.Esuke mbok randa lungo menyang gunung gandul kaya impene. Sawise ketemu
karo pertapa kaya ing impene, mbok randa disangoni buntelan kanggo Timun mas.
Pertapa kuwi mau menehi pitutur piye carane supaya Timun mas bisa oncat saka
bebaya ngadepi sang Buto. Sawise ngucapake maturnuwun mbok randa pamitan mulih.
Tekan omah mbok randa menehi buntelan
kang cacahe papat, lan dituturi piye carane nggunake. Mbok randa ngonggkon Timun
mas lungo saka omah lan mlayu sak cepet-cepete. Sawise iku Buto ijo kang arep
jupuk Timun mas teka ing omahe mbok randa banjur nesu ngerteni Timun mas wis
ora ana. Buto ijo nesu lan ngamuk, kebonne mbok randa dirusak banjur
bengok-bengok ngoyak Timun mas. Amarga Buto ijo jangkahe amba sedela wae Timun
mas wis meh kasil koyak. Timun mas bajur nguncalake buntelan sing isine wiji
timun. Dumadakan dadi kebon timun kang akeh woh timune, Buto ijo mandeg lan
mangan timun sing katon seger-seger kuwi mau. Sawise timune entek sang Buto ijo
kelingan menawa ngoyak Timun mas. Buto ijo banjur ngoyak Timun mas maneh sing
wis mlayu tekan adoh.
Lagi sedela wae sang Buto ijo wis meh
kasil ngoyak Timun mas. Buntelan sing isi dom terus diuncalake Timun mas.
Dumadakan dadi alas pring sing ngalangi playune Buto. Tapi sedela wae Buto ijo
kasil bisa metu saka alas pring kuwi mau. Timun mas banjur nguncalke buntelan
kang isine uyah, lan malih dadi segara kang amba lan jero. Buto ijo nglangi ing
segara kuwi mau tetep ngoyak Timun mas lan kasil mentas saka segara. Timun mas
arep kasil koyak meneh, banjur nguncalake buntelan kang pungkasan.
Buntelan kang isine trasi malih dadi segara lendhut kang jero. Buto
ijokecemplung lan kangelan mentas saka lendhut kuwi mau. Pungkasane Buto ijo kang
ngoyak Timun mas iku mati kleleb ing njero segara lendhut. Timun mas akhire
selamet lan urip tentrem karo mbok randa.
2. Amanat
Amanat yang terkandung dalam dongeng tersebut diantaranya
:
a. Jika menolong orang hendaknya
jangan pamrih / mengharapkan balasan.
b. Menjadi orang jangan serakah
dan hendaknya selalu bersyukur terhadap pemberian dari Allah Subhanahu
Wata’ala.
c. Dalam melakukan sesuatu
hendaknya jangan mudah putus asa.
d. Sebagai anakn hendaknya patuh
terhadap orang tua.
2.2
Implikasi Dongeng Dalam Pembelajaran
Bahasa Jawa Di SD Kelas 2
Dongeng memberikan beberapa implikasi/manfaat bagi
siswa SD kelas 2 antar lain untuk mengembangkan daya imajinasi, meningkatkan
keterampilan berbahasa, membangkitkan minat baca anak, membangun kecerdasan
emosional anak, dan membentuk rasa empati. Dengan demikian, diharapkan anak
dapat menerapkan apa yang sudah mereka dengarkan dalam kehidupan sehari-hari.
1. Mengembangkan Daya Imajinasi Anak
Perlu
kita ketahui bahwa dunia anak terutama kelas 2 SD adalah dunia imajinasi. Jadi
anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga teman
khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, maka kita
sebagai seorang guru harus bisa mengarahkannya kearah yang positif dan tetap terkontrol.
Dengan dongeng anak-anak maka inilah cara terbaik untuk mengarahkan mereka
kearah yang baik.
2. Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa
Dongeng
merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada siswa.
Perlu kita ketahui bahwa cerita dongeng anak-anak mampu merangsang siswa
terutama siswa perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Hal
ini dikarenakan siswa perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada siswa
laki-laki. Kemampuan verbal adalah kemampuan awal yang dimiliki anak-anak dan
inilah mengapa otak kanan mereka lebih berkembang dan ini juga yang menyebabkan
mereka lebih terlatih dalam berbahasa. Kisah-kisah dongeng yang mengandung
cerita positif tentang perilaku dan sebagainya membuat siswa menjadi lebih
mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.
3. Membangkitkan Minat Baca Anak
Jika
ingin memiliki siswa yang mempunyai minat baca yang baik, maka mendongeng
adalah jalan menuju hasil tersebut.
Dengan
memberikan cerita dongeng anak-anak, maka siswa akan tertarik dan rasa
penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu. Inilah dimana keinginan untuk
membaca menjadi semakin meningkat. Dengan membacakan buku cerita yang menarik
kepada siswa adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan.
4. Membangun Kecerdasan Emosional Anak
Mendongeng
kepada siswa bisa membangkitkan kecerdasan emosional mereka dan ini juga sarana
hebat yang mampu merekatkan hubungan gruru dengan siswanya. Seperti yang kita
tahu bahwa anak-anak mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral
dalam kehidupan. Dengan dongeng anak-anak maka kita bisa memberikan contoh
melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Dongeng anak-anak akan
membangtu anak dalam menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Tidak bisa
dipungkiri bahwa kecerdasan emosional juga penting disamping kecerdasan
kognitif. Kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial mereka
kelak.
5. Membentuk Rasa Empati Anak
Melalui
stimulasi cerita dongeng anak, kepekaan anak pada usia 3-7 tahun akan
dirangsang mengenai situasai sosial disekitar mereka. Dengan metode dongeng
untuk siswa ini maka mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar.
Stimulasi yang akan lebih berhasil adalah dengan merangsang indera
pendengarannya. Penting bagi kita memberikan stimulasi ini untuk memberikan
mereka bekal yang baik untuk masa depannya. Dengan cerita-cerita dongeng yang
mendidik, maka siswa akan dengan mudah menyerap nilai positif yang akan
menjadikan mereka anak yang berempati dengan orang lain.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
KBBI dongeng ialah cerita yang
tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yang
aneh-aneh). Dongeng biasanya bersifat menghibur dan mengandung nilai
pendidikan. Dalam dongeng itu banyak jenisnya yakni Fabel, Mite / mitos, Legenda, Sage, Parabel, dan Dongeng Jenaka. Implikasi
dongeng terhadap kelas 2 SD adalah mengembangkan daya imajinasi anak, meningkatkan keterampilan
dalam berbahasa, membangkitkan minat baca anak, dan lain-lain.
3.2 Saran
Menurut kelompok kami dalam proses
pembelajaran Bahasa Jawa mengenai dongeng di SD
sebaiknya Guru menggunakan media-media menyimak dongeng dalam
pembelajaran keterampilan menyimak dongeng karena media ini mampu membuat siswa
menjadi aktif, kreatif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan,
dan juga guru dalam memberikan contoh dongeng itu harus sesuai dengan kebutuhan dan
karakteristik siswa SD.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan
Nasional.(2002).Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka
Bimo.(2011).Mahir
Mendongeng.Yogyakarta:Pro-U Media
Retno Purwandari,
Qori’ah.(2012).Buku Pintar Bahasa
Indonesia.Yogyakarta:Familia
Timun Mas dalam Bahasa Jawa. 2010.
http://tunjungbudiwati.wordpress.com/2010/04/05/timun-mas-dalam-bahasa-jawa/ Di Unduh pada tanggal 29 September 2014, pukul 14:55
Cerita Rakyat Timun Mas
2013.
Di Unduh
pada tanggal 01 Oktober 2014, pukul 12:30 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar